Welcome
Menhan AS-China Bakal Bertemu saat Beijing-Taiwan Makin Tegang

Menhan AS-China Bakal Bertemu saat Beijing-Taiwan Makin Tegang

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin bakal temui Menhan China kala ketegangan di Selat Taiwan kembali memanas beberapa waktu terakhir.

Rencana ini diungkap Gedung Putih tak lama usai China menggelar latihan perang lagi di sekitar Taiwan.

Pada Jumat (24/5) Gedung Putih mengumumkan Austin bakal menemui Laksamana China Dong Jun dalam gelaran Shangri-La Dialogue pada 31 Mei-2 Juni 2024. Gelaran ini merupakan pertemuan para pejabat pertahanan di seluruh dunia.

Pertemuan keduanya sudah dinantikan sejak mereka berbincang via telepon pada April lalu. Pembicaraan mereka jadi pembicaraan substantif pertama antarmenteri pertahanan AS-China dalam hampir 18 bulan terakhir.

Pertemuan Austin dan Dong Jun nanti berlangsung kala tensi antara China-Taiwan, sekutu dekat AS, makin tegang.

Seperti dilaporkan AFP, China pekan ini mengepung Taiwan dengan kapal perang dan jet tempur sebagai uji kemampuan China dalam merebut pulau tersebut.

Taiwan mengecam latihan perang China selama beberapa waktu terakhir itu sebagai bentuk “provokasi terang-terangan”. Simulasi perang ini berlangsung tiga hari setelah Taiwan memiliki presiden baru, Lai Ching-te.

Dalam pidato pelantikannya, Lai mendorong kebebasan Taiwan dan dianggap China sebagai upaya pemisahan diri.

Latihan dilakukan usai pelantikan Presiden Lai Ching-te yang berjanji menjaga demokrasi Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Sementara itu, pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan China telah meningkatkan komunikasi untuk meredakan perselisihan. Bulan lalu, Menlu AS Antony Blinken mengunjungi Shanghai dan Beijing.

Sebelumnya, Austin sempat bikin heboh publik karena menghilang untuk pengobatan kanker pada Desember 2023, kemudian disebut mengalami komplikasi pada Januari lali.

Masalah tak berhenti sampai di sini, sebab pada Februari ia kembali dirawat akibat masalah kandung kemih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *