Welcome
Viral Diduga WNI Bikin Gaduh di Jepang, Kemenlu Buka Suara

Viral Diduga WNI Bikin Gaduh di Jepang, Kemenlu Buka Suara

Kementerian Luar Negeri RI menelusuri video viral sekelompok orang yang diduga WNI melakukan berbagai kegiatan yang meresahkan di Jepang. Kelompok ini melakukan berbagai aksi yang membuat resah warga Osaka, Jepang.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengatakan pihaknya saat ini tengah mendalami kejadian tersebut untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar.

“Termasuk berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia di Jepang,” kata Judha dalam keterangannya, Minggu (1/9).

Melalui akun media sosial KBRI Tokyo, masyarakat Indonesia yang tengah berada di Jepang diimbau selalu mematuhi segala peraturan yang berlaku. Mereka meminta agar masyarakat mengikti semua aturan, norma, kebiasan, bahkan aturan hukum setempat.

“Setiap pelanggaran memiliki konsekuensi yang menjadi tanggung jawab pelaku,” dikutip dari akun KBRI Tokyo.

Masyarakat Indonesia juga diminta turut serta menjaga ketertiban umum, menjaga nama baik bangsa dan negara. Selain itu mereka juga diminta untuk selalu mengingatkan satu sama lain.

“Menjaga dan berkomunikasi dengan simpul masyarakat dan perwakilan RI,” katanya.

Pihak KBRI juga mengingatkan bahwa aparat setempat memiliki otoritas untuk mengambil tindakan hukum. Terutama kepada Warga Negara Asing, termasuk Indonesia. Jika terbukti melanggar ketertiban maupun berbagai ketentuan yang berlaku di Jepang.

“Jangan sampai cita-cita luhur untuk sukses di rantau terhambat karena perilaku sendiri,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *