Welcome
Bertemu Netanyahu di Gedung Putih, Biden Desak Gencatan Senjata Gaza

Bertemu Netanyahu di Gedung Putih, Biden Desak Gencatan Senjata Gaza

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk segera melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.

Desakan itu disampaikan saat kedua pemimpin negara bertemu di Gedung Putih pada Kamis (25/7) sore.

Dilansir dari CNN, sejumlah sumber mengatakan bahwa Biden kemungkinan mendesak Netanyahu sekuat mungkin untuk segera mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas.

Para pejabat percaya setelah pertemuan ini, gencatan senjata akan segera terwujud di Gaza.

“Kami semakin dekat dibandingkan sebelumnya,” kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada.

Pertemuan ini terjadi usai Netanyahu menyampaikan pidato di hadapan Kongres AS pada Rabu (24/7), yang diiringi protes warga pro-Palestina. Warga menuntut agar Israel segera menghentikan agresinya di Gaza.

Pertemuan ini juga berlangsung di saat hubungan Biden dan Netanyahu sedang rapuh-rapuhnya.

Pada kesempatan terpisah, Biden dan Netanyahu juga bertemu dengan keluarga para sandera di Amerika. Di sana, Biden kemungkinan mendesak sekali lagi Netanyahu untuk segera menyetujui kesepakatan gencatan senjata dan menyelamatkan para sandera.

“Dalam pertemuan itu, dia benar-benar dimintai tanggung jawab atas komitmennya dalam mengupayakan gencatan senjata dan pembebasan para sandera,” kata seorang pejabat AS.

Sesudah pertemuan itu, keluarga para sandera terlihat optimis bahwa kesepakatan akan segera tercapai.

“Kami merasa lebih optimis dari sebelumnya. Kami mendapatkan komitmen absolut dari Presiden Biden dan Perdana Menteri Netanyahu bahwa mereka mengerti urgensi situasi saat ini, yang tidak bisa membuang-buang waktu lagi. Mereka juga memahami pentingnya menyelesaikan kesepakatan seperti yang terjadi saat ini dengan perubahan sesedikit mungkin secara manusiawi,” kata Jonathan Dekel-Chen, salah satu anggota keluarga sandera.

Sejumlah pejabat menduga Netanyahu tak akan menerima begitu saja proposal gencatan senjata pasca pertemuan dengan keluarga sandera.

Meski begitu, para pejabat lain percaya bahwa Netanyahu tak punya pilihan lain selain menerima tawaran tersebut.

Beberapa sumber mengatakan tak ada pengumuman apapun mengenai kesepakatan gencatan senjata usai Netanyahu bertemu Biden. Namun demikian, para pejabat AS dan Israel telah sama-sama menyuarakan optimisme mengenai prospek kesepakatan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *