Welcome
Menlu AS Terima Kasih ke Prabowo Atas Dukungan Proposal soal Gaza

Menlu AS Terima Kasih ke Prabowo Atas Dukungan Proposal soal Gaza

Dilansir dari AFP, Blinken mengatakan proposal yang diinisiasi oleh Presiden AS Joe Biden tersebut bakal mendorong gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan seluruh sandera.

Blinken juga mengucapkan terima kasih kepada Prabowo atas bantuan yang diberikan Indonesia untuk Gaza.

“Menteri [Blinken] dan Menteri Pertahanan [Prabowo] membahas bagaimana proposal tersebut akan bermanfaat bagi Israel dan Palestina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller, Selasa (11/6).

“Blinken berterima kasih kepada Menteri Pertahanan atas dukungan Indonesia terhadap proposal untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera,” tambah Miller.

Pada konferensi tingkat tinggi (KTT) Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza di Amman, Yordania, Selasa (11/6), Prabowo mengatakan bahwa RI mendukung proposal Biden mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza.

“Indonesia siap berkontribusi pada semua upaya yang dapat mengarah pada gencatan senjata segera tersebut,” ucap Prabowo.

Prabowo juga menyatakan siap untuk melakukan empat upaya guna membantu Palestina.

Pertama, ia berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi kepada Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Kedua, siap mengirim lebih banyak tim medis dan rumah sakit lapangan ke Gaza, serta mengirim kapal rumah sakit dan berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara (airdrop).

Ketiga, siap menerima hingga 1.000 pasien dari Gaza untuk dirawat di RS di Indonesia dan akan memulangkan mereka setelah sembuh serta situasi di Gaza kembali normal.

Keempat, siap menyediakan perawatan pasca trauma dan pendidikan bagi anak-anak Gaza dan akan dikembalikan saat situasi kembali stabil.

“Meskipun kami bersedia mendukung dan berkontribusi pada semua upaya ini, solusi akhir untuk masalah ini adalah solusi dua negara (two-state solution). Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tenteram, masalah ini dapat diselesaikan,” kata Prabowo.

Sementara itu, dalam KTT, AS berjanji akan mengirim lebih dari 400 juta USD bantuan baru untuk Palestina. Bantuan-bantuan itu meliputi makanan, air minum, hingga alat-alat kesehatan.

“Beberapa negara yang telah menyatakan keprihatinan besar atas penderitaan rakyat Palestina di Gaza, termasuk negara-negara yang memiliki kapasitas untuk memberikan lebih banyak bantuan, cuma memberikan sedikit atau tidak sama sekali,” kata Blinken.

 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih RI Prabowo Subianto atas dukungan terhadap proposal Washington mengenai konflik di Jalur Gaza Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *